Memaksimalkan Eskul Menangkal Siswa Dari Pengaruh Negatif

indonesiasatu, 27 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan globalisasi. Tidak bisa dipungiri bahwa dampak negatif globalisasi telah menjangkiti para pelajar. Setiap hari melalui media kita disuguhi berita-berita kerusakan moral anak bangsa, antara lain penyalahgunaan alkohol, narkoba, fornografi dan pergaulan bebas.

Kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran (ekstrakurikuler) pada akhir pekan menjadi salah satu upaya pendidik untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, bakat, potensi dan minat mereka. Melalui Eskul ini, siswa memiliki lingkungan pergaulan yang sehat dan mendapat pengawasan serta bimbingan yang baik dari guru pembimbing. Kegiatan sekolah ini di gelar di sejumlah jenjang pendidikan SLTP di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

”Kami berupaya memperkecil peluang siswa dari pengaruh lingkungan negatif dengan harapan mereka memiliki tekad mendulang prestasi” Kata Sylvia Lily, salah salah guru pembina eskul SMP Negeri 202 Jakarta Timur.

Menurut Sylvia, sejumlah prestasi telah diraih siswa dalam lomba permainan tradisional Bakiak tingkat DKI Jakarta pada 2018. Kemudian lomba Paskibra dan Karya Ilmiah tingkat kota Jakarta Timur pada 2018.

“September 2019 nanti siswa SMPN 202 berupaya ikut lomba paskibra Se DKI Jakarta. Mudah-mudahan mereka dapat  mendulang juara Paskibra tingkat DKI” ujar Sylvia.

Ekstrakurikuler  SMPN 202 Jalan Buluh Perindu, Duren Sawit, Jakarta Timur, yaitu permainan tradisional, Pramuka, Paskibra, Olahraga, Bela diri, dan Paduan Suara lagu daerah.  

Sementara itu, Ibu Mona orang tua siswa menyatakan sekolah sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan hendaknya senantiasa mengevaluasi diri sejauh mana penyelenggaraan pendidikan telah berjalan.  Bukan saja dilihat  dari ketercapaian tuntutan kurikulum, tetapi sejauh mana telah menaruh perhatian pada pengembangan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. (hy)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu